5 Bintang Italia di Piala Dunia

5 Bintang Italia di Piala Dunia post thumbnail image

Tim nasional Italia mempunyai banyak pemain luar biasa yang bertanding di Piala Dunia. Dari 21 edisi Piala Dunia yang sudah berjalan, Tim nasional Italia berperan serta di dalam 18 kali penyelenggaraan. Selainnya 2018, Italia tidak tampil di Piala Dunia pertama 1930 dan edisi ke enam pada 1958.

Italia 6x tembus final Piala Dunia dan empat salah satunya usai sebagai juara yaitu 1934, 1938, 1982 dan 2006. Cuma pada 1970 dan 1994, mereka tidak berhasil juara di mana pada ke-2 edisi itu Italia selalu kalah dari Brasil.

Catatan luar biasa Italia tidak terlepas dari kedahsyatan beberapa pemainnya Azzurri. Mereka tampil hebat dan ditakutkan beberapa lawannya, Berikut ini, 5 Bintang Italia di Piala Dunia.

1. Luigi Riva

Andaikan jarang alami cidera, Luigi Riva pasti menambahkan catatan rekornya bersama Tim nasional Italia, yang mengumpulkan 35 gol cuma dalam 42 laga. Ia menolong Azzurri jadi jawara Piala Eropa 1968.

2 tahun selanjutnya, ia cetak gol penting saat menaklukkan Jerman di Piala Dunia 1970 walau pada akhirnya kalah atas Brasil di final. Riva jadi mesin pencetak gol di Cagliari dengan mengepak 169 gol dari 337 pertandingan.

2. Gaetano Scirea

Gaetano Scirea
Gaetano Scirea

Gaetano Scirea mengaplikasikan sepak bola pertahanan gerendel ala-ala Italia atau catenaccio dengan hebat. Ketenangannya dan pintar membaca arah gempuran musuh membuat Scirea menolong Italia raih titel juara Piala Dunia 1982.

Pemain yang sempat bermain di tiga edisi Piala Dunia itu membuat team kuat seperti Brasil sampai Jerman tidak berdaya. Bekas bek Atalanta dan Juventus ini masuk daftar 10 bek terbaik dunia selama hidup.

3. Gianni Rivera

Tim nasional Italia selalu mempunyai playmaker luar biasa seperti Francesco Totti sampai Nicolo Barella. Awalnya pada zaman 1960-an sampai 1970-an ada Gianni Rivera.

Ia mengantarkan Azzurri jadi merangkul gelar Euro 1968 dan runner-up pada Piala Dunia 1970. Bekas pemain AC Milan itu sempat juga menyikat penghargaan berprestise Ballon d’or pada 1969.

4. Paolo Rossi

Saat meniti karier, Paolo Rossi pernah turut serta kasus permainan judi Totonero yang membuat mangkir sepanjang 2 tahun di dunia sepak bola. Tetapi kemudian, ia dapat bangun sampai masuk tim Tim nasional Italia untuk Piala Dunia 1982.

Rossi bawa Italia raih titel juara dunia ke-3 pada 1982. Pada Piala Dunia edisi keduabelas ini, Rossi memenangkan piala sepatu emas dan bola emas sampai akhirnya raih gelar Ballon d’or.

5. Giacinto Facchetti

Giacinto Facchetti sebagai pemrakarsa gagasan full-back bisa juga turut menolong saat teamnya serang. Itulah tunjukkan saat perkuat Inter Milan sepanjang satu 1/2 dasawarsa atau Tim nasional Italia.

Ia bermain di tiga Piala Dunia dan sanggup raih gelar Piala Eropa tahun 1968. Bekas kapten Tim nasional Italia ini masuk rangking ke-4 bek kiri terbaik dunia selama hidup.

Related Post

Davor Suker

Davor SukerDavor Suker

Davor Suker (lahir 1 Januari 1968) merupakan eks pemain sepak bola berkebangsaan Kroasia. Ia pernah main untuk klub NK Osijek, Dinamo Zagreb, Sevilla FC, Real Madrid, Arsenal, West Ham United