5 kartu Merah Bersejarah di Piala Dunia

5 kartu Merah Bersejarah di Piala Dunia post thumbnail image

Tiap team peserta Piala Dunia optimal akan jalani tujuh laga bila sanggup tembus sampai pertandingan final. Mereka akan jalani tiga laga di sesi kualifikasi group dan empat pertandingan di babak luruh dari 16 besar sampai final.

Pemain harus menghindar penumpukan kartu kuning apa lagi kartu merah bila tidak mau bikin rugi team. Kehilangan pemain kunci dapat berbuntut musibah untuk team peserta Piala Dunia.

Sejak ada ketentuan kartu kuning dan kartu merah di Piala Dunia, ada-ada saja pemain yang terkena di beberapa laga. Cukup banyak dari kartu merah itu bau pro-kontra.

Berikut lima kartu merah polemis dalam riwayat Piala Dunia. Mungkin si pemain akan menyesal selesai ditendang wasit keluar lapangan.

David Beckham

Legenda Inggris David Beckham ditendang keluar lapangan dalam laga 16 besar Piala Dunia 1998 menantang Argentina. Pemain Manchester United itu keluar saat posisi masih 2-2.

Ia menyengaja menyepak Diego Simeone sebagai pembalasan atas tindakan pemain Argentina itu. Inggris pada akhirnya tersisih selesai kalah 3-4 di set beradu penalti.

Josip Simunic

Ada yang aneh saat pemain Kroasia, Josep Simunic, mendapatkan kartu merah saat hadapi Australia pada penyisihan group Piala Dunia 2006. Ia mendapatkan kartu merah sesudah terima tiga kartu kuning.

Kartu kuning pertama dia bikin pada menit ke-61, lalu di menit ke-90 Simunic mendapatkan kartu kuning ke-2 tapi wasit Howard Webb tidak memberikannya kartu merah. Baru di injury time saat Simunic mendapatkan kartu kuning kembali, Webb memberikannya kartu merah.

Wayne Rooney

Bentrokan di antara dua pemain Manchester United, Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo, terjadi di perempat final Piala Dunia 2006 di antara Inggris versus Portugal. Kejadian itu bermula dari tingkah penyerang Inggris, Wayne Rooney, yang menyengaja mencapai sisi selangkangan bek Portugal Ricardo Carvalho.

Bintang Portugal Cristiano Ronaldo selanjutnya mendekati wasit minta agar Rooney mendapatkan hukuman kartu. Rooney sempat menggerakkan Ronaldo sampai pada akhirnya penyerang Inggris itu mendapatkan kartu merah dan Ronaldo mengedipkan mata ke kursi cadangan Portugal.

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane
Zinedine Zidane

Zinedine Zidane mau tak mau akhiri profesi yang berlimpah gelar dengan kejadian polemis. Kapten Prancis itu menanduk bek Italia Marco Materazzi pada final Piala Dunia 2006.

Kartu merah diterima Zidane di set waktu perpanjangan saat score 1-1. Prancis pada akhirnya kalah di set beradu penalti yang membuat Italia raih gelar ke-4 Piala Dunia.

Luis Suarez

Penyerang Uruguay Luis Suarez jadi fokus perhatian pada perempat final Piala Dunia 2010 saat teamnya hadapi Ghana. Di beberapa detik akhir waktu perpanjangan, bekas striker Barcelona dan Liverpool itu memakai tangannya untuk hentikan usaha Ghana cetak gol.

Laganya sebagai kiper siluman itu berbuah kartu merah dan buka kesempatan untuk Ghana cetak gol dan jadi team Afrika pertama kali yang sanggup ke semi-final Piala Dunia. Sayang, Asamoah Gyan tidak berhasil mengkonversi penalti bahkan juga Ghana harus kalah di set beradu penalti.

Related Post