Davor Suker

Davor Suker post thumbnail image

Davor Suker (lahir 1 Januari 1968) merupakan eks pemain sepak bola berkebangsaan Kroasia. Ia pernah main untuk klub NK Osijek, Dinamo Zagreb, Sevilla FC, Real Madrid, Arsenal, West Ham United F.C., serta TSV 1860 München. Di timnas Kroasia, ia bermain 69 kali dan cetak 45 gol. Hasil terbaik adalah saat teamnya masuk semi-final Piala Dunia FIFA 1998.

Mereka tampil meletus karena satu pemain beresiko. Pemain itu yaitu Davor Suker yang mengguncangkan Piala Dunia di Prancis itu.

Bekas pemain eksper Tim nasional Yugoslavia itu membuat Kroasia memahat dongeng di Piala Dunia. Laganya ini yang mungkin memberikan inspirasi Kroasia yang sanggup tembus final Piala Dunia 2018.

Bagaimana narasi Sang Penyihir, panggilan Davor Suker, sebagai pemain ikonik Tim nasional Kroasia di Piala Dunia? Langsung baca langsung ceritanya. Davor Suker sudah jalani tiga acara Piala Dunia yaitu pada 1990, 1998 dan 2002. Tapi untuk Piala Dunia 1990, Davor Suker tidak perkuat Kroasia, tapi Yugoslavia.

Sementara untuk dua edisi Piala Dunia lainnya yaitu 1998 dan 2002, Suker bela Kroasia. Ia sanggup bawa Kroasia sampai capai semi-final di kiprah pertama mereka di Piala Dunia. Bukan hanya mengantarkan Kroasia ke semi-final Piala Dunia 1998, Davor Suker jadi top skor. Ia cetak 6 gol untuk Kroasia di gelaran empat tahunan ini.

Antiknya, Suker cetak 1 gol di setiap pertandingan yang Kroasia lalui dari sesi kualifikasi group sampai persaingan perebutan tempat ke-3 . Cuma saat Kroasia kalah 0-1 dari Argentina ia tidak cetak gol.

Bukan hanya sukses mengantarkan Kroasia finish di rangking ke-3 di Piala Dunia, Davor Suker menyuap kesuksesan di tingkat club. Bersama Real Madrid ia merampas titel juara La Liga sampai piala Liga Champions.

Keseluruhan bersama Real Madrid sepanjang tiga musim Suker membukukkan 49 gol di semua persaingan. Kemudian, Suker yang telah berkepala tiga putuskan pindah ke Inggris bersama Arsenal sampai Aston Villa.

Bukan hanya ganas di atas lapangan, Suker pintar di luar lapangan. Ia dipilih jadi ketua Liga Sepak Bola Kroasia atau HSN pada 5 Juli 2012.

Suker dipilih kembali untuk jalani masa ke-2 nya pada 2017. Pada Piala Dunia 2018, Kroasia sanggup tembus Final Piala Dunia di Rusia.

Related Post