Pertandingan Terbaik di Piala Dunia

Pertandingan Terbaik di Piala Dunia post thumbnail image

Piala Dunia sebagai persaingan sepak bola paling besar di dunia yang mengikutsertakan team-team terbaik dari beberapa negara di penjuru dunia untuk memperlihatkan supremasinya. Acara pesta olahraga sepak bola 4 tahun sekali ini lebih banyak melahirkan sinetron terbaik di atas lapangan hijau semenjak pertama kalinya diadakan di tahun 1930 lalu.

Berikut ialah lima laga terbaik yang sempat terjadi di sejauh riwayat Piala Dunia.

Piala Dunia 1982 – Jerman Barat vs Perancis 3-3 (5-4 beradu penalti)

Laga ini terjadi pada set semi final Piala Dunia 1982 yang diwarnai oleh beberapa gol dan satu peristiwa penting. Jerman Barat yang tidak diperkokoh oleh Karl-Heinz Rummenigge karena cidera hamstring sukses unggul terlebih dahulu saat sebelum dibalas oleh Michel Platini lewat eksekusi penalti. Sampai semprit akhir dibunyikan score tetap seimbang.

Peristiwa penting laga ini tiba di menit ke-60 saat bek Perancis Patrick Battiston maju di depan untuk menyongsong operan terobosan. Dia sukses sentuh bola, tetapi tidak menyaksikan hadangan penjaga gawang Jerman waktu itu, Toni Schumacher.

Tubrukan yang sudah dilakukan Schumacher termasuk beringas. Battiston alami gegar otak, dua giginya tanggal, tulang iganya rengat, dan tulang belakangnya juga terserang dampaknya. Meski begitu, Schumacher tidak dikasih kartu apa saja dan wasit tidak menilainya sebagai sebuah pelanggaran.

Piala Dunia 1986 – Argentina vs Inggris 2-1

Diego Armando Maradona jadi artis tunggal dalam laga yang menjadi satu diantara laga paling diingat di riwayat Piala Dunia. Maradona lakukan dua tindakan yang bersimpangan cuma dalam kurun waktu kurang dari 4 menit.

Tindakan pertama ialah tindakan yang kerap disebutkan dengan “Gol Tangan Tuhan.” Maradona sukses melampaui penjaga gawang Inggris Peter Shilton yang lebih tinggi dalam tanding udara yang membuahkan gol pertama untuk Argentina. Sesudah disaksikan kembali, Maradona memakai “kontribusi” tangannya untuk menjebloskan bola dan wasit juga tidak membatalkan gol itu.

Empat selanjutnya Maradona cetak gol yang dianugerahkan sebagai “Gol Terbaik Era Ini,” sesudah membawa bola sendirian dari lapangan tengah, melalui lima pemain Inggris saat sebelum menaklukan Shilton untuk ke-2 kalinya.

Piala Dunia 2010 – Uruguay vs Ghana 1-1 (4-2 beradu penalti)

Piala Dunia 2010 - Uruguay vs Ghana 1-1 (4-2 beradu penalti)
Piala Dunia 2010 – Uruguay vs Ghana 1-1 (4-2 beradu penalti)

Piala Dunia 2010 ialah peristiwa yang manis untuk Ghana karena sukses capai set perempat final. Sayang narasi manis ini harus stop sesudah Uruguay mengempaskan mimpi mereka untuk meluncur lebih jauh.

Ketidakberhasilan ini jadi lebih pahit kembali karena Ghana sebetulnya bisa jadi jadi juara dari laga ini. Pada set waktu perpanjangan, sesudah hasil akhir 1-1 di saat normal, Luis Suarez harus mempertaruhkan diri dengan mengadang bola supaya tidak masuk ke gawang dengan memakai tangannya.

Sayang, sepakan penalti yang sudah dilakukan Asamoah Gyan terbentur garis dan psikis pemain Ghana juga turut dipengaruhi pada set beradu sepakan penalti.

Piala Dunia 2014 – Belanda vs Spanyol 5-1

Spanyol di Piala Dunia 2010 ialah sebuah narasi yang epik, dan Spanyol di Piala Dunia 2014 ialah sebuah narasi gurauan. Gurauan itu tiba langsung di partai pertama Spanyol saat jalani laga menantang Belanda yang jadi musuh mereka di final Piala Dunia 2010.

Mereka memang sukses unggul terlebih dulu melalui gol Xabi Alonso, tetapi sesudahnya cuma jadi peristiwa yang ingin selekasnya dilalaikan oleh sebelas orang pemain Spanyol waktu itu di atas lapangan.

Belanda cukur Spanyol dengan score 5-1 melalui 2 gol Van Persie, 2 gol Robben, dan 1 gol dari Stefan de Vrij.

Piala Dunia 2014 – Jerman vs Brazil 7-1

Dalam tiap ajang Piala Dunia, nama Brazil nyaris selalu ada sebagai calon juara. Ini juga terjadi saat Piala Dunia 2014, apa lagi Brazil tampil jadi tuan-rumah. Sayang, mimpi keluar sebagai juara di dalam rumah sendiri harus remuk pada tangan team Panser Jerman.

Skor-nya juga tidak bermain-main, Neymar dkk. dilumat dengan score 7-1. Laga ini juga menjadi satu diantara laga terbaik yang sempat terjadi di Piala Dunia karena tampilkan performa yang bagus.

Pertahanan Brazil sebetulnya tidak terlampau jelek, tetapi pola permainan Jerman lebih efisien untuk buka ruangan untuk beberapa pemain mereka yang dengan bebas menjebloskan tujuh gol ke gawang Brazil.

Piala Dunia 2018 sesaat lagi akan selekasnya diadakan, tidak boleh terlewat beberapa momen monumental yang hendak terjadi di Rusia kelak.

Related Post