Arthur Antunes Coimbra Zico

Arthur Antunes Coimbra Zico post thumbnail image

Kehidupan Awal

Arthur Antunes Coimbra Zico lahir pada tahun 1953, lingkungan kalangan bawah asal Protugis, Rio de Janeiro. menghabiskan waktu mudahnya dengan bermain sepakbola dan bermimpi menjadi bagian dari pesepakbola profesional. ia pernah tidak masuk sekolah hanya untuk bermain bola dengan teman temannya di jalan.

Zico sangat menyukai olahraga sepakbola membuat dia menjadi bintang di daerah rumahnya. dimana semua lingkungan rumahnya mengkagumi penampilan saat menggola bola di jalanan dengan klub futsal jalanan. Arthur Antunes Coimbra, sering di panggil dari kecil oleh keluarganya yang arti “Arhul Kecil” kemudian di panggil Tuzico dan akhirnya menjadi Zico.

Zico
Zico

Karir Muda

Pada saat umur 14 tahun, ia melakukan uji coba terjadwal di klub America, bukan hanya zico saja yang berada di sana dua saudarannya yaitu Antunes dan Edu adalah pemain professional di klub tersebut.

Karir Professional pertama di Flamenggo adalah pemain kunci selama masa sejarah tim. meraih gelar Copa Libertadores paada tahun 1981, Piala Interkontinental 1981 dan 4 tropi nasional pada tahun 1980,1982,1983 dan 1987.

Pindah ke Udinese Pada tahun 1983-84 adalah musim pertama zico bermain di Serie A Italia bersama Udinese, karir di Udinese hanya 2 musim dan kembali lagi ke Flamenggo. Bermain di klub jepang Kashima Antlers pada tahun 1991 sampai tahun 1994, dengan penampilan 46 pertandingan dan mencentak 35 gol.

Karir Tim Nasional

  • Piala Dunia 1978 Saat melawan Swedia di pembukaan grup, zico mencetak gol melalui sundulan hingga menghasilkan skor imbang 1-1, namun gol yang di buat zico di anulir. namun zico mendapatkan medali perunggu untuk tim nasional Brasil mengalahkan tim nasional italia.
  • Piala dunia 1982 Bermain bersama dengan Falcão, Sócrates, Éder, Cerezo dan Júnior. namun keberhasilan brasil di piala dunia 1982 di gagalkan oleh Italia si perempat final piala dunia 1982.
  • Piala dunia 1986 Kondisi sedang cedera dan bermain sebagai pemain peganti di babak ke-2, saat melawan Prancis di perempat final, tim nasional gagal adu penalty dengan Perancis.

Karir Bersama tim nasional brasil sudah tampil sebanyak 71 pertandingan dengan menghasilkan 48 gol dari tahun 1976-1986.

Akhir Perjalanan Arthur Antunes Coimbra

Pensiun dari karir sepak bola professional pada tahun 1994, dan bergabung pada sepak bola pantai dan menangkan piala dunia sepak bola pantai pada tahun 1995 mencetak gol sebanyak 12 dan mendapatkan gela sebagai pemain terbaik pada kejuaraan tersebut.

Karir Kepelatihan

  • Tim nasional Jepang
  • Fenerbahce
  • Bunyodkor, CSKA Moskow dan Olympiakos
  • Irak
  • Al-Gharafa
  • FC Goa
  • Peran administratif

Baca Selengkapnya

Related Post

lev yashin

Lev Ivanovich YashinLev Ivanovich Yashin

Biografi Lev Ivanovich Yashin Kelahiran: 22 Oktober 1929, Moskow, Rusia.Meninggal: 20 Maret 1990, Moskow, Rusia.Tempat pemakaman: Cemetery Vagankovskoye, Moskow, Rusia.Pendidikan: Russian State University of Physical Education, Sport, Youth, and Tourism.Teman